«

»

6 Prinsif Dasar Desain

Oleh :  Ases ID

Mendesain mungkin sebuah proses yang dianggap sangat mudah bagi kebanyakan orang, karena itulah sering kali desain tidaklah dianggap urgent bahkan kadang orang malas untuk menghargai karya desain tersebut. Padahal bagi para penggiat dibidangnya, desain adalah proses panjang & melelahkan untuk menuju pencapaian harapan bagi setiap mimpi-mimpi yang diinginkan, klien ataupun seorang desainernya sendiri.
Sejauh pengalaman yang kami dapatkan dari para senior desainer baik dari dalam maupun luar negri, ada 6 prinsif dasar desain yang perlalu selalu diterapkan dalam setiap karya desain terutama arsitektur dan interior, diantaranya :
1. Proporsi, setiap objek mestinya selalu berbanding proporsional dengan objek yang ada disekitarnya (objek yang saling terhubung satu sama lainnya).
2. Detail, Selalu ada ditail yang signifikan untuk setiap objek aksentual sehingga akan ada pembeda yang memberikan kesan yang mendalam.
3. Konsistensi, Tetaplah konsisten terhadap konsep style yang diinginkan, tidak menaruh atau menempatkan object yang bersifat general yang dapat menghancurkan suasana konsep style yang akan dicapai.
4. One look, Menjadikan setiap benda yang bersifat general ada sinergisitas/ kesinambungan yang harmonis (kecuali benda-benda yang akan dijadikan point of interest) sehingga dapat membawa penikmatnya kedalam suasana yang luas tanpa batas
5. Concealed, Untuk segala sistem yang tidak mempunyai visual yang kurang bagus hendaklah disembunyikan agar kesan rapih tersampaikan.
6. Clean, Tidak ada kesan berantakan yang ditimbulkan pada setiap ahir proses desain, karena itua akan dapat mengacaukan dari empat proses langkah diatas
Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat bagi siapapun khususnya untuk mereka yang menyenangi desain, tetap semangat dan teruslah berkarya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>