«

»

8 Istilah Interior Yang Sering Terlupakan

Oleh Ases Id,
Ada banyak istilah standard interior yang sering kali terlupakan dan kadangkala mengakibatkan miss komunikasi antara desainer, owner dan pekerja dilapangan karena bedanya persepsi, berikut 6 istilah interior itu ;
1. Niche, Niche adalah kotak dekorasi yang masuk ke dinding yang difungsikan untuk menyimpan artwork ataupun aksesoris lainnya dengan tujuan agar suasana ruang terlihat clean dan artistik.
2. Skirting, Banyak juga orang menyebutnya plint lantai, yang fungsinya untuk menghindari kerusakan pada wall treatment atau cabinet bagian bawahnya (soko) ketika aktifitas perawatan atau pengepelan lantai. Biasanya dibuat dari berbagai material yang berbeda seperti ; marmer, kayu, formika, alumunium atau bahan lainya yg lebih tahan terhadap air.
3. Pelmet light, Indirect light (lampu yang tersembunyi/tdk langsung) yang di aplikasikan pada cabinet, panel atau furniture lainnya.

pelmetlight
4. Cove ceiling, Up ceiling yang biasanya difungsikan untuk menyembunyikan rel curtain ataupun lampu indirect pada plafond.
5. Finger pull, Tarikan pada laci atau pintu cabinet tanpa handle. Yang kebanyakan dipakai pada cabinet bergaya minimalist.
6. Man hole, lubang pada plafond yan berukuran kira-kira 50 smp 60 cm persegi yang berfungsi untuk perawatan perangkat mekanikal, plumbing, audio ataupun lainnya yang dipasang di plafond, yang didesain invisible (tdk terlihat secara sepintas/ada tutupnya)

7. Shadowline, nadd besar sekitar 1,5cm antara plafond (gypsum) dengan dinding dari besi galvanis untuk kerapihan ending dan kesan garis bayangan yang ingin didapatkan.

8. Corner beat, plat siku galvanis untuk sambungan gypsum pada sudut biar tidak pecah sudutannya yang dicompound supaya tidak terlihat.
Semoga teringat lagi dan bermanfaat, selamat beraktifitas kembali…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>