«

»

7 Karakteristik atau Ciri Desain Interior Gaya Scandinavia

scandinavian

scandinavian

Salah satu desain interior yang mendunia adalah gaya Scandinavia ( Scandinavian style). Selain desain eropa, America, asia ( Jepang dan ciri cirinya), gaya Scandinavia banyak dianut oleh para desainer modern. Negara Scandinavia sendiri terdiri dari Negara eropa timur seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia dan Finlandia.
Ada beberapa cirri atau karakteristik desain interior gaya Scandinavia, diantaranya;

1. Warna netral mendominasi desain Scandinavia.
Warna netral seperti putih dan abu-abu terang menjadi ciri utama. Warna netral yang digunakan memberikan kesan ruangan tampak luas dan elegan. Walaupun desain interior gaya Scandinavia bukan gaya modern namun tampak seperti desain modern.

2. Jendela yang lebar dari kaca.
Pengaruh dari jendela yang lebar dengan kaca bening biasa membuat cahaya matahari menjadi penerangan utama di siang hari. Bahkan tidak memerlukan penerangan lampu. Model seperti ini sudah tentu akan menghemat energy listrik karenan pada siang hari tidak ada lampu yang dinyalakan.

3. Penggunaan kayu berwarna putih pada lantai , plafon dan tembok.
Ini adalah ciri khusus yang tidak dimiliki desain yang lain. Penggunaan kayu sebagai marerial mungkin kurang bijaksana disaat ini seiring kampanye perlindungan hutan. Namun sebenarnya bisa menggunakan keramik yang mempunyai kemiripan dengan kayu.

4. Pemandagan alam.
Jendela yang lebar digunakan sebagai masuknya cahaya juga sebagai alat untuk menikmati pemadangan hijau di luar rumah. Orang Scandinavia menyukai pemandangan halaman depan atau halaman rumahnya yang lain yang banyak tumbuhanya.

5. Menenkankan pada fungsi
Desain interior Scandinavia memiliki ciri khusus yaitu menggunakan perabot dan furniture seperlunya dan sesuai dengan fungsinya.

6. Furniture yang sederhana
Furniture Scandinavia cocok sekali dengan urban style ( interior gaya urban). Interior Urban lebih dinamis dengan model furniture yang ramping demikian juga dengan furniture Scandinavia. Meskipun terkesan minimalis namun furniture Scandinavia punya nilai seni yang tinggi.

7. Eco-friendly ( Ramah lingkungan )
Desain interior Scandinavia merupakan salah satu model yang ramah terhadap alam. Suasana alam pedesaan dan pencahayaan ruangan yang memanfaatkan cahaya matahari merupakan bentuk atau upaya pemukiman yang menjaga kelestarian alam.

Demikianlah secara umum desain interior gaya Scandinavia. Sebuah model yang dianut dan diadaptasi oleh para desainer modern didalam karya karya mereka. Mengapa demikian, karena desain interior Scandinavia termasuk gaya atau model interior yang sesaui dengan modernisasi dan globalisasi saat ini.

sumber : http://prodezign.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>