«

»

Apa Itu Mezanin ?

mezanin

ilustrasi dari pinterest

Untuk mengoptimalkan ruang yang mempunyai tinggi plafond cukup (minimal 4,5m untuk rata-rata tinggi orang asia), mezanin bisa dijadikan solusi untuk penambahan stengah ruang diatasnya, misalkan untuk library, r bermain anak ataupun tempat tidur.
Ketinggian ruang merupakan faktor utama dalam menentukan ketinggian berapa tinggi dibawahnya dan berapa tinggi diatasnya, idealnya 7/12 dikali tinggi plafond = tinggi untuk ruang bawah dan 5/12 dikali tinggi plafond = tinggi untuk ruang atas (mezanin). Bila belum ada ventilasi didepannya, siapkanlah salahsatu bagian dinding untuk sirkulasi udara dan pencahayaan supaya mezanin tidak pengap.
Mezanin bisa diterapkan diatas sebagian ruang keluarga, ruang kerja, ataupunruang tidur anak gudang,
Mezanin dibuat sesuai dengan bentuk layout dan sirkulasi ruang. Kebanyakan berbentuk persegi atau berbentuk huruf L. Ukuran minimalnya 2mx2m, jika lebih kecil dari itu menjadi tidak tidak nyaman lagi.
“Karena mezanin hanya penambahan ruang yang tampak dibagian dalam saja jadi Anda tidak perlu mengurus lagi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Gunakan bahan pembuat mezanin tidak terlalu bera tetapi cukup kuat dan tidak mudah lapuk. Manfaatkanlah kayu, beton, baja, baja ringan, atau aluminium sebagai material strukturnya. Sedangkan material penutupnya dapat berupa papan kayu dilapisi multipleks (18mm) dengan parket/ karpet, plat besi, kaca tebal, ataupun bisa dieksfosed sesuai dengan karakteristik dan gaya bangunan anda.
Finishing akhir mezanin, gunakanlah tone warna yang cerah supaya kesannya tetap ringan dan luas serta menarik, semoga menjadi solusi dari kebutuhan ruang semuanya…
(aID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>