«

»

Renovasi Rumah dengan Cara hemat hasil hebat,

Moment lebaran atau hari raya lainnya biasanya mesti serba baru dan begitupun dengan rumah tinggal,

Ada dua opsi ketika kita ingin yang baru dan sudah jenuh tinggal dirumah lama ;
A. Beli rumah baru sesuai dengan yang diimpikan (tentunya butuh dana yang besar, kecuali mau berurusan dengan debt collector :).
B. Make over rumah lama seperti rumah baru (renovasi).
Dan berikut akan kami paparkan bagaimana caranya merenovasi rumah lama dengan biaya yang minimalist tapi hasil maksimalist.
1. Studi Kasus, Pelajarilah secara seksama keadaan rumah anda secara detail, coba mulai periksa keadaan atap apakah kondisinya masih ok, perhatikanlah keadaan element rumah seperti atap atau dinding adakah titik-titik kebocoran, cat dinding atau kayu yang sudah mulai kusam atau kondisi pintu dan jendela. Dan jangan lupa tandailah (marking) area tersebut dengan pinsil tukang kayu, atau cat pilox bila perlu.
2. Buatlah defect list,

Catatlah semua element bangunan yang sudah mulai rusak dalam suatu form yang mudah dibaca sama anda sendiri dan tukang bangunan yang nantinya akan mengerjakan atau memperbaiki kerusakan tersebut.
3. Redesain,

Mulailah menggambar layout bila anda akan melakukan penambahan ruang atau reposisi furniture yang sudah ada berikut furniture baru yang akan dibeli kemudian (dan bila anda kurang hobi menggambar cobalah cari rekanan yang berprofesi di bidang jasa gambar). Mereka akan memberikan konsultasi, gambaran secara komplit mulai dari denah, gambar 3d sampai pewarnaanya yang pastinya akan disesuaikan dengan keinginan anda.

renovasi
4. Konsultasi,

Mulailah mencari Tukang bangunan yang sudah anggap anda kompeten dalam bidangnya, dan ajaklah untuk melihat-lihat skondisi rumah anda secara real karena mereka akan lebih tau kondisi berikut solusinya, berdiskusilah lebih banyak terlebih dahulu sebelum anda mengambil tindakan dengan minimal pengetahuan.
5. Hunting,

Carilah material, element atau furniture bangunan yang anda butuhkan sesuai dengan keinginan, bandingkanlah dengan toko yang lainnya, manfaatkan moment sale bahan atau barang untuk bangunan yang biasanya ada di bulan-bulan tertentu.
6. Budgeting,

Untuk menentukan anggaran anda tinggal mengkolaborasikan step 2 sampai 5 siap dalam satu format anggaran biaya bangunan (RAB) untuk mendapatkan total biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah anda. Dan jangan lupa tentukan schedule kerja, kapan mulai dan kapan harus selesai, dan itu sangatlah penting, “penting ya bukan penting yang lain 🙂
7. Eksekusi,

Untuk melaksanakan yang anda rencanakan sudahlah siap, sekarang tinggal tentukan mau diborongkan atau to see (harian dengan control penuh). Dan keduanya juga punya plus minus yang berbeda dan secara signifikan, borongan akan lebih cepat tapi kualitasnya tidak begitu menjanjikan dan kalaupun anda memilih to see kemungkinan waktu lama tapi kualitas bisa sesuai dengan yang anda harapkan karena dengan kontrol anda.
Ingat….!, biaya renovasi akan lebih banyak karena mestia ada biaya pembongkaran.
Demikianlah sekilas renovasi hemat semoga menjadi solusi yang hebat untuk menjadikan rumah anda lebih bagus dan mengesankan, semoga bermanfaat…

aid_berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>